VieDayCute.blogspot.com

RSS
Container Icon


PETUNJUK PENGGUNAAN MEDIA
* Maharah Istima’
       1. Menyiapkan media yang akan digunakan, yaitu miniatur yang berbentuk rumah dan kartu bergambar.
  • Bentuk Miniatur Rumah:




  • Bentuk Kartu Bergambar:


 
  
2. Memperdengarkan bacaan teks yang sesuai dengan keadaan miniatur rumah yang telah disiapkan dengan memperlihatkan bagian-bagian yang ada didalam miniatur rumah yang berbentuk kartu bergambar (ruangtamu, kamar tidur, dapur, kamar mandi).
  • Bentuk Teks:

البَيْتُ                                 
البَيْتُ لِأَحْمَد، هَذَا الْبَيْتِ نَظِيْفٌ وَ وَاسِعٌ، لَوْنُهُ أَسْمَر. أَمَامَ الْبَيْتِ حَدِيْقَةٌ وَ سُوْرٌ. وَ جَانِبَ الْبَيْتِ شَجَرَةٌ. فِي الْحَدِيْقَةِ اَلْأَعْشَابُ وَ الْأَزْهَارُ. وَ فِي الْبَيْتِ غُرَفٌ، مِنْهَا غُرْفَةُ الْجُلُوس، غُرْفَةُ الْنَوْم، اَلْمَطْبَخُ وَ الْحَمَامُ.


3. Bagikan potongan kertas yang berisi pertanyaan dilengkapi dengan alternatif jawaban kepada siswa 
  • Bentuk Tes: 
1.               مَا لَوْنُ هَذَا الْبَيْت؟
أ. أَسْفَر               ب. أَحْمَر             ج. أَسْمَر
2.               كَيْفَ هَذَا الْبَيْت؟
أ. نَظِيْفٌ وَ وَاسِعٌ     ب. وَسِيْخٌ وَ وَاسِعٌ   ج. نَظِيْفٌ وَ وَسِيْخٌ
3.               مَاذَا جَانِبَ الْبَيْت؟
    أ‌.    بَابٌ                ب. شَجَرَةٌ            ج. غُرْفَةُ الْجُلُوس

.      4. Perdengarkan sekali lagi bacaan teks dengan memperlihatkan miniatur rumah yang lengkap.
   5. Setelah selesai, siswa diminta memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam potongan kertas.
     6. Mintalah masing-masing siswa mengumpulkan jawaban. 
     7. Berikan klarifikasi jawaban terhadap siswa.

* Maharah Kalam
      1. Menyiapkan media yang akan digunakan, yaitu miniatur yang berbentuk rumah dan kartu bergambar.
  • Bentuk Miniatur Rumah:


  • Bentuk Kartu Bergambar:


 


            2Mendeskripsikan miniatur rumah dan kartu bergambar (ruang tamu, kamar tidur, dapur, kamar mandi) dengan kalimat-kalimat atau ungkapan-ungkapan sederhana, dan siswa diminta untuk menirukan apa yang diucapkan guru dengan menunjuk pada bagian-bagian miniatur rumah dan kartu bergambar. 
         3. Meminta beberapa siswa untuk membuat dan mengucapkan kalimat sesuai dengan miniatur. 
         4. Melakukan tanya jawab dengan siswa dengan media yang digunakan yaitu miniatur rumah dan kartu bergambar.
        5. Meminta siswa menceritakan tentang miniatur rumah dan kartu bergambar.
        6. Meminta siswa untuk melakukan dialog dengan menggunakan media yaitu miniatur rumah dan kartu bergambar.

* Maharah Qiro’ah
       1. Menyiapkan media yang akan digunakan, yaitu miniatur yang berbentuk rumah dan kartu bergambar.
  • Bentuk Miniatur Rumah:


  • Bentuk Kartu Bergambar:


 


       2. Membacakan teks bacaan yang sesuai dengan miniatur secara jelas didepan kelas dengan menunjuk bagian-bagian yang ada didalam miniatur.
  •      Bentuk Teks:
سعيد: السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ
أحمد: وَ عَلَيْكُمُ السَّلاَم، اُدْخُلْ إِلَى بَيْتِيْ!!
سعيد: شُكْرًا، بَيْتُكَ نَظِيْفٌ وَ وَاسِعٌ.
أحمد: صَحِيْحٌ، سَأَذْكُرْ لَكَ مَا فِيْ بَيْتِيْ. بَيْتِيْ نَظِيْفٌ وَ وَاسِعٌ.  وَ الْحَدِيْقَةُ وَاسِعَةٌ، وَ فِيْهَا أَزْهَارٌ وَ أَشْجَارٌ وَ أَعْشَابٌ.
سعيد: نَعَمْ، جَيْدٌ. مُمْكِنْ يَوْمَ الْأُخْرَى سَأَزُوْرُ بَيْتُكَ مَرَّةً أُخْرَى.
أحمد: تَفَضَّلْ!!! 
سعيد: السَّلاَمُ عَلَيْكُم

أحمد: وَ عَلَيْكُمُ السَّلاَم


      3. Membagikan teks bacaan kepada siswa dan meminta siswa bergantian membaca teks bacaan yang telah dibagikan.
      4. Meminta siswa membaca teks dan memahami isi bacaan.
      5. Mengajukan pertanyaan untuk menguji pemahaman siswa setelah membaca teks tersebut dan mempersilahkan siswa mencari jawaban yang ada dalam teks.
  •       Bentuk Tes:
1.               لِمَنْ ذَلِكَ الْبَيْتُ؟
2.               مَنْ يَزُوْرُ بَيْتُ أَحْمَدُ؟
3.               كَيْفَ ذَلِكَ الْبَيْتُ؟
4.               هَلْ الحَدِيْقَةُ وَاسِعَةُ؟

6    6. Memberikan klarifikasi jawaban terhadap siswa.

* Maharah Kitabah
 1. Menyiapkan media yang akan digunakan, yaitu miniatur yang berbentuk rumah dan kartu bergambar.
  • Bentuk Miniatur Rumah:


  • Bentuk Kartu Bergambar:


 


 2. Menjelaskan isi dari miniatur rumah dan kartu bergambar yang telah disiapkan.
 3. Meminta beberapa siswa untuk menuliskan kalimat seperti yang diucapkan oleh guru dan sesuai dengan gambar yang ditunjuk.
4. Meminta siswa untuk menulis karangan sesuai dengan miniatur rumah dan kartu bergambar.
5. Guru memberikan contoh karangan sesuai dengan yang ada dalam miniatur rumah dan kartu bergambar.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar