PETUNJUK
PENGGUNAAN MEDIA
* Maharah Istima’
1. Menyiapkan media
yang akan digunakan, yaitu miniatur yang berbentuk rumah dan kartu bergambar.
- Bentuk Miniatur Rumah:
- Bentuk Kartu Bergambar:
2. Memperdengarkan
bacaan teks yang sesuai dengan keadaan miniatur rumah yang telah disiapkan dengan
memperlihatkan bagian-bagian yang ada didalam miniatur rumah yang berbentuk
kartu bergambar (ruangtamu, kamar tidur, dapur, kamar mandi).
- Bentuk Teks:
البَيْتُ
البَيْتُ
لِأَحْمَد، هَذَا الْبَيْتِ نَظِيْفٌ وَ وَاسِعٌ، لَوْنُهُ أَسْمَر.
أَمَامَ الْبَيْتِ حَدِيْقَةٌ وَ سُوْرٌ. وَ جَانِبَ الْبَيْتِ شَجَرَةٌ. فِي
الْحَدِيْقَةِ اَلْأَعْشَابُ وَ الْأَزْهَارُ. وَ فِي الْبَيْتِ غُرَفٌ، مِنْهَا
غُرْفَةُ الْجُلُوس، غُرْفَةُ الْنَوْم، اَلْمَطْبَخُ وَ الْحَمَامُ.
3. Bagikan
potongan kertas yang berisi pertanyaan dilengkapi dengan alternatif jawaban
kepada siswa
- Bentuk Tes:
1.
مَا لَوْنُ هَذَا الْبَيْت؟
أ. أَسْفَر ب.
أَحْمَر ج. أَسْمَر
2.
كَيْفَ هَذَا الْبَيْت؟
أ. نَظِيْفٌ وَ وَاسِعٌ ب.
وَسِيْخٌ وَ وَاسِعٌ ج. نَظِيْفٌ وَ
وَسِيْخٌ
3.
مَاذَا جَانِبَ الْبَيْت؟
أ.
بَابٌ ب. شَجَرَةٌ ج. غُرْفَةُ الْجُلُوس
5. Setelah selesai, siswa diminta memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dalam potongan kertas.
6. Mintalah masing-masing siswa mengumpulkan jawaban.
7. Berikan klarifikasi jawaban terhadap siswa.
1. Menyiapkan media yang akan digunakan, yaitu miniatur yang berbentuk rumah dan kartu bergambar.
- Bentuk Miniatur Rumah:
- Bentuk Kartu Bergambar:
2. Mendeskripsikan
miniatur rumah dan kartu bergambar (ruang tamu, kamar tidur, dapur, kamar
mandi) dengan kalimat-kalimat atau ungkapan-ungkapan sederhana, dan siswa
diminta untuk menirukan apa yang diucapkan guru dengan menunjuk pada
bagian-bagian miniatur rumah dan kartu bergambar.
3. Meminta beberapa
siswa untuk membuat dan mengucapkan kalimat sesuai dengan miniatur.
4. Melakukan tanya
jawab dengan siswa dengan media yang digunakan yaitu miniatur rumah dan kartu
bergambar.
5. Meminta siswa
menceritakan tentang miniatur rumah dan kartu bergambar.
6. Meminta siswa
untuk melakukan dialog dengan menggunakan media yaitu miniatur rumah dan kartu
bergambar.
* Maharah Qiro’ah
1. Menyiapkan media yang akan digunakan, yaitu miniatur yang berbentuk rumah dan kartu bergambar.
- Bentuk Miniatur Rumah:
- Bentuk Kartu Bergambar:
2. Membacakan teks
bacaan yang sesuai dengan miniatur secara jelas didepan kelas dengan menunjuk
bagian-bagian yang ada didalam miniatur.
- Bentuk Teks:
سعيد:
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ
أحمد:
وَ عَلَيْكُمُ السَّلاَم، اُدْخُلْ
إِلَى بَيْتِيْ!!
سعيد:
شُكْرًا، بَيْتُكَ نَظِيْفٌ وَ وَاسِعٌ.
أحمد:
صَحِيْحٌ، سَأَذْكُرْ لَكَ مَا فِيْ بَيْتِيْ. بَيْتِيْ نَظِيْفٌ وَ وَاسِعٌ. وَ الْحَدِيْقَةُ وَاسِعَةٌ، وَ فِيْهَا
أَزْهَارٌ وَ أَشْجَارٌ وَ أَعْشَابٌ.
سعيد:
نَعَمْ، جَيْدٌ. مُمْكِنْ يَوْمَ الْأُخْرَى سَأَزُوْرُ بَيْتُكَ مَرَّةً أُخْرَى.
أحمد:
تَفَضَّلْ!!!
سعيد:
السَّلاَمُ عَلَيْكُم
أحمد:
وَ عَلَيْكُمُ السَّلاَم
3. Membagikan teks
bacaan kepada siswa dan meminta siswa bergantian membaca teks bacaan yang telah
dibagikan.
4. Meminta siswa
membaca teks dan memahami isi bacaan.
5. Mengajukan
pertanyaan untuk menguji pemahaman siswa setelah membaca teks tersebut dan
mempersilahkan siswa mencari jawaban yang ada dalam teks.
- Bentuk Tes:
1.
لِمَنْ ذَلِكَ
الْبَيْتُ؟
2.
مَنْ يَزُوْرُ
بَيْتُ أَحْمَدُ؟
3.
كَيْفَ ذَلِكَ
الْبَيْتُ؟
4.
هَلْ
الحَدِيْقَةُ وَاسِعَةُ؟
6 6. Memberikan
klarifikasi jawaban terhadap siswa.
* Maharah Kitabah
1. Menyiapkan
media yang akan digunakan, yaitu miniatur yang berbentuk rumah dan kartu
bergambar.
- Bentuk Miniatur Rumah:
- Bentuk Kartu Bergambar:
2. Menjelaskan isi
dari miniatur rumah dan kartu bergambar yang telah disiapkan.
3. Meminta beberapa
siswa untuk menuliskan kalimat seperti yang diucapkan oleh guru dan sesuai
dengan gambar yang ditunjuk.
4. Meminta siswa
untuk menulis karangan sesuai dengan miniatur rumah dan kartu bergambar.
0 komentar:
Posting Komentar